Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Selasa, 31 Maret 2015

MANFAAT INTERNET DAN BLOG BAGI PELAJAR

0 komentar
MANFAAT INTERNET  DAN BLOG BAGI PELAJAR
BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
              Teknologi selalu berkembang dan mengalami kemajuan sehingga semakin memudahkan manusia untuk beraktivitas, salah satu contoh kemajuan teknologi yang paling terlihat yaitu berkembangnya internet. Munculnya internet ini  mempengaruhi berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan. Masuknya internet dalam bidang pendidikan tentunya juga akan membawa dampak bagi para pelajar. Dampak tersebut dapat berupa dampak positif ataupun negatif.
              Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, kini mulai  muncul media atau sarana-sarana baru di bidang pendidikan, yang diharapkan dapat mempermudah guru dan siswa untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan. Dengan adanya perkembangan teknologi terutama internet, pelajar dapat mengakses materi di manapun mereka berada. Namun tanpa disadari adanya berbagai kemudahan ini disalah gunakan oleh oknum-oknum tertentu, yang justru dapat merusak moral dan mental pelajar sebagai generasi penerus.
              Dari uraian di atas penulis mengambil judul “Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Siswa”  karena, dianggap menarik dan perlu di perhatikan oleh semua pihak terutama bagi mereka yang peduli terhadap perkembangan terknologi dan dunia pendidikan.
B.  RUMUSAN MASALAH
1.      Apakah pengaruh penggunaan Internet  terhadap pelajar?
2.      Mengapa penggunaan Internet dapat mempengaruhi minat belajar siswa?
3.      Bagaimana seharusnya pelajar menyikapi kemajuan teknologi?
C.    MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat :
a)      Bagi Pelajar : untuk mengetahui dampak penggunaan internet dalam keseharian pelajar, serta cara menyikapi perkembangan internet agar tidak menurunkan minat belajar para pelajar.
b)      Bagi Guru : untuk mengetahui pengaruh internet terhadap minat belajar siswa, dan  dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran yang berkaitan dengan internet.

BAB II
PEMBAHASAN
A.    Hasil Penelitian
        Pada penelitian ini kami menyebarkan 30 angket yang diisi oleh siswa kelas XI IPS 5. Berikut hasil dari angket yang kami peroleh :
1.         Internet mempermudah aktivitas kita
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
90 %
10 %
-
2.         Internet dapat memberikan kita kesenangan, kenyamanan, dan keasikan
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
90 %
10 %
-
3.         Internet mempermudah saya mengerjakan tugas dengan cara copy paste
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
57 %
17 %
26 %
4.         Internet menjadikan generasi muda lebih suka menggunakan cara instan
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
50 %
30 %
20 %
5.         Teknologi menjadikan generasi muda menjadi kreatif
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
67 %
7 %
26 %
6.         Menggunakan teknologi menjadikan kita malas
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
47 %
17 %
26 %
7.         Teknologi membuat otak kanan menjadi lebih cerdah
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
60 %
10 %
30 %
8.         Internet hanya akan membuang banyak waktu
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
27 %
33 %
40 %
9.         Internet dapat menambah wawasan kita
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
97 %
3 %
-
10.     Lebih banyak bermain dengan internet dibanding belajar
Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju
47 %
30 %
23 %
B.     Analisis Penelitian
        Berdasarkan penelitian yang telah kami laksanakan, mengenai “PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA”. Kami menemukan bahwa internet memiliki berbagai dampak atau pengaruh baik itu positif atau negatif.
a.       Apakah pengaruh penggunaan  Internet  terhadap pelajar?
                 Penggunaan internet di kalangan pelajar memiliki berbagai dampak, baik itu dampak negatif ataupun positif. Dampak – dampak tersebut antara lain :
Ø  Dampak Positif
1.      Internet sebagai media komunikasi merupakan fungsi yang paling banyak digunakan. Dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya diseluruh dunia.
2.      Internet sebagai media pertukaran data dengan menggunakan e-mail, news group dan www (world wide web) para pengguna internet diseluruh dunia terutama pelajar, dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah. Dengan seperti itu, siswa disuatu negara dengan negara lainnya dapat saling bertukar informasi dan data untuk kemajuan pendidikan.
3.      Internet sebagai media untuk mencari data atau informasi yang penting dan akurat. Hal ini bisa membuat siswa memiliki pengetahuan yang luas dalam cangkupan dunia sehingga segala ilmu yang ada diseluruh dunia bisa dipelajari yang pada akhirnya meningkatkan kecerdasan dan pengetahuan yang luas dikalangan siswa.
Ø  Dampak Negatif
1.      Dengan adanya internet ini cenderung siswa karena merasa mudah membuat siswa menjadi malas untuk membaca buku.
2.      Karena internet besifat bebas dan mudah diakses pornografipun merajalela. Hal ini berdampak buruk bagi perkembangan prestasi dan mental siswa.
3.      Menghabiskan sebagian waktunya untuk membuka jejaring sosial dan game online sehingga kita banyak mengluarkan uang yang mungkin kurang bermanfaat.
4.      Berdasarkan data yang telah kami kumpulkan, internet juga berpeluang mempengaruhi kepribadian siswa.
b.      Mengapa penggunaan Internet dapat mempengaruhi minat belajar siswa?
                 Terlalu sering berhubungan dengan internet dapat menyebabkan pelajar/siswa  kecanduan internet yang kemudian akan berdampak pada Prestasi dan minat belajar siswa. Hal ini disebabkan karena melalui internet pelajar/siswa dapat mengakses berbagai informasi, aplikasi, dan sarana hiburan (seperti Game online) secara bebas dan tanpa batas. Banyaknya hal-hal yang menarik dan mudah serta menyenangkan dalam internet membuat pelajar/siswa cenderung lebih suka menghabiskan banyak waktu untuk menggunakan internet dari pada belajar.
c.       Bagaimana seharusnya pelajar menyikapi kemajuan teknologi?
1.             Pandai-pandai membagi waktu.
2.             Tidak terlalu banyak online menggunakan internet tetapi menggunakan handphone yang lebih praktis.
3.             Hanya memakai game online dan jejaring sosial pada waktu senggang.
4.             Mengurangi aktifitas menggunakan internet, lalu waktunya digunakan untuk belajar.
BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Adapun kesimpulan dari hasil penelitian kami yaitu:
a.       Kemajuan teknologi terutama internet, berpeluang  mempengaruhi kepribadian siswa.
b.      Internet dapat mempermudah aktivitas pelajar, terutama saat mengerjakan tugas.
c.       Internet memberikan dampak positif dan negatif bagi pelajar.
d.      Teknologi (internet) mempengaruhi minat belajar siswa.
B.     Saran
Berdasarkan penelitian ini, penulis memberikan beberapa saran :
a.         Sebaiknya hanya menggunakan internet, jejaring  sosial atau game online  disaat memiliki waktu   yang luang agar minat belajar, proses belajar dan prestasi belajar tidak terganggu.
b.         Berusahalah untuk menambah minat belajar dengan cara yang dianggap menyenangkan, karena cara belajar setiap siswa berbeda-beda.
c.         Memanfaatkan internet untuk kepentingan yang positif.
 ----------------------------***********************************---------------------------
                                   semoga bermanfaat
   


0 komentar: